Dalam dunia bisnis, promo merupakan suatu hal yang wajar dan menjadi momen yang ditunggu banyak orang. Dengan mengikuti promo, maka konsumen dapat diuntungkan seperti mendapat potongan harga, gratis ongkos kirim dan mendapat hadiah menarik. Promo memang berlaku untuk semua pelaku usaha, baik yang skala kecil atau besar dan untuk memaksimalkan promo untuk pelaku UMKM, maka ada beberapa tips yang perlu dilakukan.

1. Promo Musiman

Promo musiman menjadi momen yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan dan peningkatkan popularitas bisnis anda. Promo musiman yang paling umum seperti harbolnas, tahun baru, natal dan momen lebaran. Setiap promo pastikan memakai tema yang menarik, sehingga memiliki daya tarik untuk calon konsumen.

2. Konsep Promo Unik

Apabila promo anda ingin diminati banyak orang, maka harus membuat konsep yang unik dan berbeda dengan yang lain. Semakin unik konsepnya, maka akan semakin efektif pola promosinya. Setidaknya ada beberapa strategi yang bisa anda jalankan seperti melakukan strategi bundling, upper selling atau cro untuss selling. Calon konsumen akan tertarik pada hal unik, karena akan membuat mereka penasaran.

3. Batas Waktu

Ketika anda menjalankan pola promosi untuk usaha UMKM anda, maka jangan lupa untuk memasang batas waktu dan jangka waktu promonya bisa sesuai keinginan. Dengan melihat batas waktu, maka konsumen akan cepat-cepat berbelanja. Tak hanya batas waktu, anda juga bisa menerapkan batas konsumen yang bisa ikut promo dan dengan cara ini, maka konsumen akan merasa sangat beruntung. Batas waktu juga menjadi cara mempercepat penjualan, sehingga sangat rekomended untuk dijalankan.

4. Ketetapan Minimal Pembelian

Anda juga bisa menerapkan diskon atau promo yang besar dengan aturan dan syarat yang disesuaikan. Minimal pembelian akan membuat banyak konsumen yang berbelanja lebih dari satu produk, karena ingin mendapat promonya. Penerapan minimal pembelian banyak diterapkan oleh toko online atau marketplace, agar bisa menjaring banyak konsumen dengan cepat. Minimal pembelian juga bisa meningkatkan profit bisnis anda secara signifikan.

5. Manfaatkan Platform Promosi

Untuk melakukan promosi, tentu ada berbagai platform yang bisa dimanfaatkan. Platform online yang bisa dipakai seperti Sosial Media, Whatsapp, Email, Push Notification dan masih banyak yang lainnya. Anda juga bisa memanfaatkan website untuk media promosi, karena website memiliki jangkauan yang luas. Ketika promosi dilakukan di website, maka bisa anda bagikan ke berbagai sosial media yang telah terhubung di website.

6. Kerjasama Dengan Influencer

Kini pola promosi menggunakan Influencer memang sedang naik daun, karena dianggap lumayan efektif untuk menunjang pola promosi. Influencer yang paling umum seperti Youtuber, Selebgram dan yang lainnya. Dengan dipromosikan Influencer, maka ada kemungkinan pengikut Influencer melakukan transaksi di bisnis anda. Untuk UMKM, maka anda bisa memilih beberapa Influencer dengan tarif yang rendah dulu.

7. Kasih Reward

Bagi anda yang sudah memiliki pelanggan setia, maka anda bisa memberikan Reward kepada pelanggan dan cara ini bisa membuat pelanggan membantu promosikan produknya ke orang sekitarnya. Anda juga harus terus melakukan pelayanan terbaik untuk para pelanggan, agar pelanggan tidak kapok dalam 1 kali belanja. Semakin baik pelanggan diperhatikan, maka akan berdampak positif terhadap kemajuan bisnis.

Dalam dunia bisnis, promo merupakan suatu hal yang wajar dan menjadi momen yang ditunggu banyak orang. Dengan mengikuti promo, maka konsumen dapat diuntungkan seperti mendapat potongan harga, gratis ongkos kirim dan mendapat hadiah menarik. Promo memang berlaku untuk semua pelaku usaha, baik yang skala kecil atau besar dan untuk memaksimalkan promo untuk pelaku UMKM, maka ada beberapa tips yang perlu dilakukan.

1. Promo Musiman

Promo musiman menjadi momen yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan dan peningkatkan popularitas bisnis anda. Promo musiman yang paling umum seperti harbolnas, tahun baru, natal dan momen lebaran. Setiap promo pastikan memakai tema yang menarik, sehingga memiliki daya tarik untuk calon konsumen.

2. Konsep Promo Unik

Apabila promo anda ingin diminati banyak orang, maka harus membuat konsep yang unik dan berbeda dengan yang lain. Semakin unik konsepnya, maka akan semakin efektif pola promosinya. Setidaknya ada beberapa strategi yang bisa anda jalankan seperti melakukan strategi bundling, upper selling atau cro untuss selling. Calon konsumen akan tertarik pada hal unik, karena akan membuat mereka penasaran.

3. Batas Waktu

Ketika anda menjalankan pola promosi untuk usaha UMKM anda, maka jangan lupa untuk memasang batas waktu dan jangka waktu promonya bisa sesuai keinginan. Dengan melihat batas waktu, maka konsumen akan cepat-cepat berbelanja. Tak hanya batas waktu, anda juga bisa menerapkan batas konsumen yang bisa ikut promo dan dengan cara ini, maka konsumen akan merasa sangat beruntung. Batas waktu juga menjadi cara mempercepat penjualan, sehingga sangat rekomended untuk dijalankan.

4. Ketetapan Minimal Pembelian

Anda juga bisa menerapkan diskon atau promo yang besar dengan aturan dan syarat yang disesuaikan. Minimal pembelian akan membuat banyak konsumen yang berbelanja lebih dari satu produk, karena ingin mendapat promonya. Penerapan minimal pembelian banyak diterapkan oleh toko online atau marketplace, agar bisa menjaring banyak konsumen dengan cepat. Minimal pembelian juga bisa meningkatkan profit bisnis anda secara signifikan.

5. Manfaatkan Platform Promosi

Untuk melakukan promosi, tentu ada berbagai platform yang bisa dimanfaatkan. Platform online yang bisa dipakai seperti Sosial Media, Whatsapp, Email, Push Notification dan masih banyak yang lainnya. Anda juga bisa memanfaatkan website untuk media promosi, karena website memiliki jangkauan yang luas. Ketika promosi dilakukan di website, maka bisa anda bagikan ke berbagai sosial media yang telah terhubung di website.

6. Kerjasama Dengan Influencer

Kini pola promosi menggunakan Influencer memang sedang naik daun, karena dianggap lumayan efektif untuk menunjang pola promosi. Influencer yang paling umum seperti Youtuber, Selebgram dan yang lainnya. Dengan dipromosikan Influencer, maka ada kemungkinan pengikut Influencer melakukan transaksi di bisnis anda. Untuk UMKM, maka anda bisa memilih beberapa Influencer dengan tarif yang rendah dulu.

7. Kasih Reward

Bagi anda yang sudah memiliki pelanggan setia, maka anda bisa memberikan Reward kepada pelanggan dan cara ini bisa membuat pelanggan membantu promosikan produknya ke orang sekitarnya. Anda juga harus terus melakukan pelayanan terbaik untuk para pelanggan, agar pelanggan tidak kapok dalam 1 kali belanja. Semakin baik pelanggan diperhatikan, maka akan berdampak positif terhadap kemajuan bisnis.

Kolom komentar

Artikel lainnya

Produk yang mudah terjual