Pada dasarnya pasar E-commerce di Indonesia terbagi menjadi 2 model yaitu platform E-commerce secara umum dan social commerce. Platform E-commerce seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Shopee dan masih banyak yang lainnya. Sedangkan platform social commerce seperti social media Facebook, Instagram, Line dan Whatsapp.

Banyak pengusaha bisnis yang sudah memanfaatkan social media untuk meningkatkan pola promosinya. Alasan pemilihan social commerce memang sangatlah beragam, karena penilaian para pengusaha mengenai social media berbeda. Dengan perkembangan social commerce yang pesat, maka banyak pengusaha yang membangun akun social medianya secara profesional.

Mengapa Menggunakan Social Commerce?

Mengapa Menggunakan Sosial Commerce?

Social media sering dianggap sebagai platform yang bisa meningkatkan pola interaksi antara penjual dan pembeli. Pola interaksi social media seperti lewat postingan konten foto atau video, kolom komentar ataupun pesan. Social media juga menawarkan medium yang beragam seperti teks, video, foto dan masih banyak yang lainnya.

Dengan terus meningkatkan pola interaksi bersama konsumen, maka tingkat kepercayaan konsumen terhadap bisnisnya meningkat dan konsumen akan semakin yakin untuk berbelanja. Dengan social media, brand awareness juga akan meningkat secara cepat dan tepat. Social media juga bisa menjangkau pemasaran yang lebih luas, karena pengguna social media berasal dari berbagai kalangan masyarakat.

Kini banyak juga konsumen yang membagikan pengalaman belanja onlinenya di social media, sehingga akan membuat produk lebih mudah populer. Adanya review atau rekomendasi dari para pengguna social media dapat meningkatkan integritas bisnisnya dan akan membuat banyak konsumen baru percaya dengan kualitas produknya.

Platform social media yang bisa dipakai untuk meningkatkan penjualan sangatlah banyak dan Facebook menjadi salah satu platform yang banyak dipakai, karena penggunaan facebook sangatlah mudah dipelajari. Namun banyak juga pelaku usaha yang menggabungkan atau kombinasikan beberapa social media sekaligus, sehingga pola promosinya menjadi lebih cepat.

Peningkatan social commerce di Indonesia memang berpengaruh terhadap penggunaan chat commerce untuk melakukan transaksi dengan para konsumen. Whatsapp menjadi social media yang paling efektif untuk menjalankan chat commerce dan hadirnya Whatsapp mampu menggantikan peran telpon dengan SMS yang sudah ada sejak jaman dulu.

Menggunakan Whatsapp

Whatsapp memang memungkinkan adanya komunikasi langsung antara penjual dengan pembeli, sehingga transaksi bisa lebih cepat dan tepat. Interaksi langsung juga sangat memudahkan para penjual untuk layani para konsumen dengan baik. Semakin baik kualitas layanan yang disajikan, maka akan semakin meningkat kepercayaan dari para konsumen.

Bagi para pengguna Whatsapp, maka bisa memanfaatkan Whatsapp Business dengan Whatsapp Business API. Tugas pebisnis adalah mempelajari semua pemanfaatan social media, agar lebih efektif untuk menunjang bisnis.

Untuk para pebisnis pemula atau profesional yang ingin memperluas jaringan promosinya, maka bisa menggunakan konsep social commerce. Dan untuk menggunakannya secara efektif, maka harus dipelajari dulu cara kerja social media tersebut.

Daftar jadi Dropshipper di Selleri

Pengguna Baru Selleri
Pengguna Baru Selleri

Pada dasarnya pasar E-commerce di Indonesia terbagi menjadi 2 model yaitu platform E-commerce secara umum dan social commerce. Platform E-commerce seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Shopee dan masih banyak yang lainnya. Sedangkan platform social commerce seperti social media Facebook, Instagram, Line dan Whatsapp.

Banyak pengusaha bisnis yang sudah memanfaatkan social media untuk meningkatkan pola promosinya. Alasan pemilihan social commerce memang sangatlah beragam, karena penilaian para pengusaha mengenai social media berbeda. Dengan perkembangan social commerce yang pesat, maka banyak pengusaha yang membangun akun social medianya secara profesional.

Mengapa Menggunakan Social Commerce?

Mengapa Menggunakan Sosial Commerce?

Social media sering dianggap sebagai platform yang bisa meningkatkan pola interaksi antara penjual dan pembeli. Pola interaksi social media seperti lewat postingan konten foto atau video, kolom komentar ataupun pesan. Social media juga menawarkan medium yang beragam seperti teks, video, foto dan masih banyak yang lainnya.

Dengan terus meningkatkan pola interaksi bersama konsumen, maka tingkat kepercayaan konsumen terhadap bisnisnya meningkat dan konsumen akan semakin yakin untuk berbelanja. Dengan social media, brand awareness juga akan meningkat secara cepat dan tepat. Social media juga bisa menjangkau pemasaran yang lebih luas, karena pengguna social media berasal dari berbagai kalangan masyarakat.

Kini banyak juga konsumen yang membagikan pengalaman belanja onlinenya di social media, sehingga akan membuat produk lebih mudah populer. Adanya review atau rekomendasi dari para pengguna social media dapat meningkatkan integritas bisnisnya dan akan membuat banyak konsumen baru percaya dengan kualitas produknya.

Platform social media yang bisa dipakai untuk meningkatkan penjualan sangatlah banyak dan Facebook menjadi salah satu platform yang banyak dipakai, karena penggunaan facebook sangatlah mudah dipelajari. Namun banyak juga pelaku usaha yang menggabungkan atau kombinasikan beberapa social media sekaligus, sehingga pola promosinya menjadi lebih cepat.

Peningkatan social commerce di Indonesia memang berpengaruh terhadap penggunaan chat commerce untuk melakukan transaksi dengan para konsumen. Whatsapp menjadi social media yang paling efektif untuk menjalankan chat commerce dan hadirnya Whatsapp mampu menggantikan peran telpon dengan SMS yang sudah ada sejak jaman dulu.

Menggunakan Whatsapp

Whatsapp memang memungkinkan adanya komunikasi langsung antara penjual dengan pembeli, sehingga transaksi bisa lebih cepat dan tepat. Interaksi langsung juga sangat memudahkan para penjual untuk layani para konsumen dengan baik. Semakin baik kualitas layanan yang disajikan, maka akan semakin meningkat kepercayaan dari para konsumen.

Bagi para pengguna Whatsapp, maka bisa memanfaatkan Whatsapp Business dengan Whatsapp Business API. Tugas pebisnis adalah mempelajari semua pemanfaatan social media, agar lebih efektif untuk menunjang bisnis.

Untuk para pebisnis pemula atau profesional yang ingin memperluas jaringan promosinya, maka bisa menggunakan konsep social commerce. Dan untuk menggunakannya secara efektif, maka harus dipelajari dulu cara kerja social media tersebut.

Daftar jadi Dropshipper di Selleri

Pengguna Baru Selleri
Pengguna Baru Selleri

Kolom komentar

  1. […] Pengguna sosial media juga sangat beragam, sehingga cocok untuk pengembangan bisnis apapun. Social commerce memang sangat banyak pilihannya, namun ada beberapa platform social commerce yang cocok untuk […]