Sosial media menjadi salah satu platform bisnis yang memiliki jangkauan sangat luas dan sosial media bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Pengguna sosial media juga sangat beragam, sehingga cocok untuk pengembangan bisnis apapun. Social commerce memang sangat banyak pilihannya, namun ada beberapa platform social commerce yang cocok untuk meningkatkan bisnis.

 

1. Forum Online

Forum online menjadi salah satu platform yang cocok untuk mengembangkan bisnis online anda dan kaskus menjadi forum online yang sangat menonjol popularitasnya. Dengan menggunakan forum online, maka penjual akan bisa berinteraksi dengan calon pembeli dan penjual bisa sekalian promosikan produknya di forum, namun transaksinya biasanya dilakukan dengan cara yang terpisah.

Forum online tidak hanya cocok untuk meningkatkan brand awareness, namun cocok juga untuk menunjang peningkatan jumlah pengunjung website. Anda bisa bagikan berbagai konten berkualitas dan unik di forum, agar bisa menjadi daya tarik yang kuat. Untuk bisa mengarahkan pengguna forum ke website, maka anda bisa menyertakan sebuah link khusus.

2. Facebook

Facebook adalah salah satu platform social commerce yang sangat populer di masyarakat, karena jumlah penggunanya sangatlah tinggi. Facebook juga banyak dimanfaatkan oleh para pebisnis online untuk mengembangkan usahanya. Facebook juga terus mengembangkan berbagai fitur berkualitas, sehingga sangat disukai oleh para pebisnis online.

Facebook juga menjadi social commerce yang langsung terintegrasi dengan berbagai situs e-commerce terkemuka dan salah satunya shopify. Pebisnis online bisa mempromosikan bisnisnya di Fanspage Facebook dan untuk memaksimalkan fanspagenya, anda bisa promosikan bisnis dengan menggunakan fitur facebook ads yang berbayar.

3. Instagram

Instagram menjadi social commerce yang sedang naik daun di kalangan anak muda Indonesia dan popularitasnya sudah hampir mengalahkan facebook. Dengan instagram, para pengguna bisa membuat postingan untuk promosikan bisnis. Konten yang disajikan seperti foto, video, tulisan dan setiap postingan bisa dilengkapi dengan caption yang sesuai.

Pebisnis online banyak yang memanfaatkan instagram untuk mempromosikan suatu produk atau jasa, karena instagram dinilai potensial. Untuk membuat suatu postingan yang berkualitas, maka anda harus melakukan teknik editing terlebih dahulu. Konten yang berkualitas dan tepat sasaran, bisa dinilai dari jumlah like dan comment.

4. Pinterest

Pinterest memang tidak sepopuler Facebook dan Instagram, namun Pinterest terbilang efektif untuk mengembangkan bisnis. Bagi anda yang ingin berjualan dengan pola pasar internasional, maka anda bisa menggunakan social commerce Pinterest. Fitur Buyable Pins menjadi fitur yang memudahkan pengguna bertransaksi secara langsung di aplikasi atau situs.

Anda juga bisa melakukan pemilikan kata kunci yang tepat, target audiens yang spesifik dan melakukan promosi pin. Tak hanya itu, anda juga bisa meningkatkan traffic website dengan memanfaatkan berbagai tools yang tersedia.

5. WhatsApp

Whatsapp menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak di download di Playstore, karena aplikasi ini bisa menggantikan pesan SMS dan telepon di handphone. Whatsapp juga menjadi social commerce yang banyak dimanfaatkan untuk pengembangan bisnis, karena aplikasi ini memudahkan komunikasi antara penjual dengan para konsumennya.

WhatsApp Business menjadi fitur yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan online dan mampu membantu anda dalam meningkatkan kualitas pelayanan, karena anda bisa menerapkan balasan pesan yang bekerja secara otomatis.

Sosial media menjadi salah satu platform bisnis yang memiliki jangkauan sangat luas dan sosial media bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Pengguna sosial media juga sangat beragam, sehingga cocok untuk pengembangan bisnis apapun. Social commerce memang sangat banyak pilihannya, namun ada beberapa platform social commerce yang cocok untuk meningkatkan bisnis.

 

1. Forum Online

Forum online menjadi salah satu platform yang cocok untuk mengembangkan bisnis online anda dan kaskus menjadi forum online yang sangat menonjol popularitasnya. Dengan menggunakan forum online, maka penjual akan bisa berinteraksi dengan calon pembeli dan penjual bisa sekalian promosikan produknya di forum, namun transaksinya biasanya dilakukan dengan cara yang terpisah.

Forum online tidak hanya cocok untuk meningkatkan brand awareness, namun cocok juga untuk menunjang peningkatan jumlah pengunjung website. Anda bisa bagikan berbagai konten berkualitas dan unik di forum, agar bisa menjadi daya tarik yang kuat. Untuk bisa mengarahkan pengguna forum ke website, maka anda bisa menyertakan sebuah link khusus.

2. Facebook

Facebook adalah salah satu platform social commerce yang sangat populer di masyarakat, karena jumlah penggunanya sangatlah tinggi. Facebook juga banyak dimanfaatkan oleh para pebisnis online untuk mengembangkan usahanya. Facebook juga terus mengembangkan berbagai fitur berkualitas, sehingga sangat disukai oleh para pebisnis online.

Facebook juga menjadi social commerce yang langsung terintegrasi dengan berbagai situs e-commerce terkemuka dan salah satunya shopify. Pebisnis online bisa mempromosikan bisnisnya di Fanspage Facebook dan untuk memaksimalkan fanspagenya, anda bisa promosikan bisnis dengan menggunakan fitur facebook ads yang berbayar.

3. Instagram

Instagram menjadi social commerce yang sedang naik daun di kalangan anak muda Indonesia dan popularitasnya sudah hampir mengalahkan facebook. Dengan instagram, para pengguna bisa membuat postingan untuk promosikan bisnis. Konten yang disajikan seperti foto, video, tulisan dan setiap postingan bisa dilengkapi dengan caption yang sesuai.

Pebisnis online banyak yang memanfaatkan instagram untuk mempromosikan suatu produk atau jasa, karena instagram dinilai potensial. Untuk membuat suatu postingan yang berkualitas, maka anda harus melakukan teknik editing terlebih dahulu. Konten yang berkualitas dan tepat sasaran, bisa dinilai dari jumlah like dan comment.

4. Pinterest

Pinterest memang tidak sepopuler Facebook dan Instagram, namun Pinterest terbilang efektif untuk mengembangkan bisnis. Bagi anda yang ingin berjualan dengan pola pasar internasional, maka anda bisa menggunakan social commerce Pinterest. Fitur Buyable Pins menjadi fitur yang memudahkan pengguna bertransaksi secara langsung di aplikasi atau situs.

Anda juga bisa melakukan pemilikan kata kunci yang tepat, target audiens yang spesifik dan melakukan promosi pin. Tak hanya itu, anda juga bisa meningkatkan traffic website dengan memanfaatkan berbagai tools yang tersedia.

5. WhatsApp

Whatsapp menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak di download di Playstore, karena aplikasi ini bisa menggantikan pesan SMS dan telepon di handphone. Whatsapp juga menjadi social commerce yang banyak dimanfaatkan untuk pengembangan bisnis, karena aplikasi ini memudahkan komunikasi antara penjual dengan para konsumennya.

WhatsApp Business menjadi fitur yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan online dan mampu membantu anda dalam meningkatkan kualitas pelayanan, karena anda bisa menerapkan balasan pesan yang bekerja secara otomatis.

Kolom komentar

Artikel lainnya

Produk yang mudah terjual